KRI Nanggala 402 Ditemukan, Kemungkinan Kru Ada Yang Selamat
April 24, 2021
Brigpol Fathoni dipecat, Ini Rentetan Kasusnya
April 13, 2021
Wanita Cantik Bersuami Diperkosa di Mobil Travel
April 13, 2021
Sapulidi News : Canggih Nih Indonesia Bikin Kereta Tanpa Masinis Pertama Kali Di RI — Lintas Raya Terpadu/Light Rail Transit Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (LRT Jabodebek) direncanakan akan menjalani uji coba perdana pada Juni 2022. Kereta layang ini akan dioperasikan tanpa masinis menggunakan sistem Communication-Based Train Control (CBTC) dengan Grade of Automation (GoA) level 3.
Vice President Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) Joni Martinus mengatakan sistem CBTC adalah pengoperasian kereta berbasis komunikasi, sehingga sistem dapat mengoperasikan kereta dan memproyeksikan jadwal secara otomatis serta disupervisi juga secara otomatis dari pusat kendali operasi.
Setelah uji coba perdana pada Juni 2022, sistem ini akan terus diujicobakan hingga peresmian LRT Jabodebek pada 17 Agustus 2022.
“Grade of Automation level 3 atau GoA3 adalah tingkat otomasi operasional kereta di mana pengoperasian dilakukan secara otomatis tanpa masinis, namun mensyaratkan masih terdapat petugas operasional di dalam kereta untuk penanganan kondisi darurat dan pelayanan kepada pelanggan. Petugas ini disebut Train Attendant,” terang Joni dalam keterangan resmi, Senin, 13 Desember 2021.
Sebagai gambaran, pengoperasian kereta dengan sistem CBTC GoA 3 yang digunakan pada LRT Jabodebek ini juga telah diterapkan di belahan dunia lainnya seperti Amerika Serikat, China, Jepang, Singapura, Spanyol, Inggris, Brasil, dan beberapa negara lainnya.
Joni menjelaskan, ketika menggunakan sistem CBTC ini, jika terjadi gangguan sarana atau prasarana, petugas Train Attendant akan mengambil alih pengoperasian kereta secara manual dengan kecepatan terbatas.
Untuk LRT Jabodebek, kereta ini akan beroperasi mengikuti jadwal yang telah diunggah ke sistem persinyalan di pusat kendali operasi atau Operation Control Center (OCC).
Seluruh operasional LRT Jabodebek kemudian berjalan secara otomatis dengan mengikuti jadwal yang telah ditetapkan.
Dia menambahkan, sistem CBTC GoA 3 pada LRT Jabodebek ini dibangun oleh sinergi BUMN antara KAI, PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI), PT Len Industri (Persero), dan PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA.
“Operator pada OCC akan memantau jalannya LRT dan hanya akan mengintervensi jika ditemukan ketidaksesuaian seperti adanya keterlambatan, gangguan suplai daya, dan sebagainya,” terang Joni.
Dia mengungkapkan penggunaan GoA 3 untuk LRT Jabodebek telah ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 765 Tahun 2017.
KAI berkomitmen untuk memenuhi ketentuan teknis, operasional, serta keselamatan LRT Jabodebek sesuai dengan kriteria desain yang diatur dalam regulasi Kemenhub.
Dari segi keselamatan, lanjut dia, LRT Jabodebek telah terlindungi oleh Automatic Train Protection (ATP) sertaInterlocking & Zone Controller.
Dengan adanya ATP, LRT Jabodebek terlindungi dari over speed dan jaminan pengereman yang andal. Adapun interlocking & zone controller berfungsi untuk menjamin tidak ada kesalahan pembentukan rute serta mendistribusikan otorisasi kontrol operasi LRT.
“Keunggulan dari GoA 3 adalah mengurangi potensi kecelakaan akibat human error, meningkatkan akurasi jadwal kereta, dan dapat mengoptimalkan jadwal perjalanan,” kata Joni.
Pada akhir Oktober lalu, uji coba LRT Jabodebek sempat mengalami kecelakaan. Insiden tersebut terjadi di jalur layang antara Stasiun Harjamukti-Stasiun Ciracas, Jakarta Timur.
Peristiwa terjadi lantaran ada satu kereta yang langsir menabrak rangkaian lain di salah satu rel. Langsir merupakan istilah perpindahan rangkaian kereta di jalur rel.
Meskipun tidak ada korban jiwa karena memang tidak ada penumpang, kerusakan terjadi pada kabin kereta. Rangkaian kereta yang mengalami kecelakaan pun akan dikirimkan kembali ke pabrik produksi di Madiun, Jawa Timur.
PT INKA menjelaskan bahwa kecelakaan ini terjadi karena ada indikasi human error. Saat mengemudikan kereta, masinis menjalankan dengan kecepatan lebih. Masinis dikabarkan mengalami luka ringan akibat kecelakaan.
SLOTOPPO88 slot online terpercaya
SLOTBOM77 situs selot online terpercaya dan resmi
cepdecantabria tukang las bongkar trik mahjong 3 maxwin wild power
rahasia mega scatter mahjong wins 3 cepdecantabria pola gacor naga hitam
master cepdecantabria trik bet all in gates of olympus formula jackpot
kisah petani garam madura cepdecantabria hujan scatter spin manual
cepdecantabria ungkap rtp pg soft server eksklusif sarjana sukses pola baru
juragan pempek heboh cepdecantabria jam hoki gates of olympus turbo efektif
cepdecantabria juru parkir viral metode sensasional mahjong wins maxwin
anak kos yogya cepat kaya panduan jitu cepdecantabria mahjong ways master
stop rugi cepdecantabria rtp wild bounty trik penambang emas maxwin
heboh komdis stip taruna jago mahjong cepdecantabria tren kemenangan
strategi menang konsisten 75juta gates of olympus kutaitimurkab
disertasi kunci menang 120juta mahjong wins 3 kutaitimurkab
prediksi menang mahjong wins 3 50juta data historis kutaitimurkab
pola wild power jackpot 88juta mahjong ways 3 kutaitimurkab
rahasia bet all in 90juta mahjong ways 1 metode kutaitimurkab
algoritma wild bounty teknik menang 150juta mahasiswa kutaitimurkab
jurnal scatter hitam jackpot 99juta pragmatic play kutaitimurkab
strategi menang 65juta gates of olympus mahasiswa itb kutaitimurkab
rtp menang cepat 110juta mahjong ways 1 vs 3 kutaitimurkab
pola distribusi scatter menang 105juta mahjong ways 3 kutaitimurkab
mahasiswa stmikkomputama god hand gates olympus dana studi 75 juta
dosen stmikkomputama rahasia pola algoritma mahjong ways 3 jackpot
alumni stmikkomputama tukang service workshop mewah scatter hitam
stmikkomputama komite disiplin prestasi coding mahjong wins skripsi
mahasiswa stmikkomputama tingkat akhir naga hitam mahjong kesabaran
rahasia banjir scatter alumni stmikkomputama ayah 2 anak 65 juta
direktur stmikkomputama jackpot puluhan juta trik pola mahjong ways
penjual pulsa stmikkomputama sukses gates olympus logika pemrograman
mahjong wins 3 pragmatic teknik jitu lulusan stmikkomputama jackpot
cara singkat jackpot rtp pg soft 10 jurus rahasia stmikkomputama
komputama algoritma scatter hitam jackpot 99 juta
disertasi dosen komputama probabilitas menang mahjong wins 3
wild power jackpot 88 juta pola mahjong ways 3 dosen mtk komputama
tim riset komputama studi pola scatter mahjong ways 3 105 juta
strategi eksponensial gates of olympus kuliah komputama 75 juta
metodologi komputama rahasia bet all in mahjong ways 1 90 juta
mahasiswa komputama teknik menang 150 juta wild power wild bounty
model prediksi komputama data historis menang 50 juta mahjong wins 3
analisis komparatif rtp komputama menang cepat mahjong ways 1 vs 3
topik hangat mahasiswa itb komputama strategi menang gates of olympus
strategi scatter hitam geothermal itmnganjuk maxwin pembangunan
mahjong ways 3 konservasi mangrove itmnganjuk dana csr triliun
pola kemenangan beruntun jalur logistik cpo itmnganjuk bisnis ekspor
analisis mahjong ways 3 kenaikan wisatawan itmnganjuk pantai beras basah
pemkab implementasi full power wild kebun sawit rakyat panen maxwin
gerakan anti rungkad inspirasi umkm itmnganjuk omzet melonjak drastis
dprd terkejut upgrade scatter hitam percepat infrastruktur pedalaman
mahjong ways 3 ukur indeks kebahagiaan masyarakat itmnganjuk maxwin
misteri big win frekuensi kemenangan jam padat aktivitas tambang
mahasiswa itmnganjuk beasiswa jepang penelitian free spin irigasi
mahjong ways 3 tracon wild spin 1000 persen
pola reel gacor mahjong ways 2 tracon 2025
strategi tracon mahjong ways 3 wild energy digital
bocor pola mahjong wins 3 tracon trik wild
gertakan sempurna tracon mahjong ways 3 max win
tracon exclusive trik mahjong ways 3 lamine yamal
fenomena baru strategi wild spin tracon mw3
perbandingan mahjong ways 2 vs 3 gacor tracon 2025